Sudahkah Sobat Tertawa Hari Ini?

“Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang.” – Warkop DKI

Begitulah quote Warkop DKI dalam film-filmnya. Sobat tahu nggak, menjalani rutinitas yang kian sibuk bahkan rumit di kota besar, terkadang membuat kita cukup lelah untuk memulai aktifitas yang sama di esok hari. Beragam pekerjaanpun seakan selalu menumpuk dan tak pernah ada habisnya. Ditambah lagi dengan lingkungan atau pola makan yang kurang sehat juga turut menurunkan kualitas hidup itu sendiri. Hingga pada akhirnya tak jarang kita mudah terserang penyakit bahkan mengalami penuaan dini akibat stres. Salah satu cara untuk menjernihkan pikiran atau sekadar mencari hiburan demi menyenangkan diri kita di daerah perkotaan mungkin pilihannya terbatas. Seperti menonton film, tapi itu pun masih dirasa kurang oleh kita sendiri. Terkadang tubuh juga masih merasa lelah atau bosan dan menuntut untuk selalu disenangkan lebih banyak lagi agar stamina dan kesehatan secara fisik maupun psikologis meningkat. Tapi, tahukah sobat kalau tertawa merupakan salah satu cara ampuh untuk menyenangkan diri kita?


Yup, betul sekali ternyata tertawa memiliki efek positif bagi kesehatan asalkan tertawa sesuai kadarnya dan tidak berlebihan. Apa saja dampak positif tertawa bagi kesehatan, berikut rangkumannya.

Tertawa itu sehat. Atau kalau dalam bahasa Inggris: “Laughter is the best medicine.” Dan, ternyata kata-kata tersebut benar adanya. Salah satu penelitian di Oxford University pada 2011 menemukan bahwa aktifitas tertawa mampu meningkatkan ambang rasa sakit seseorang. Penelitian lain di University of Arizona juga menemukan bahwa tertawa ternyata mampu meningkatkan kesehatan jantung, sedangkan penelitian di University of Maryland menunjukkan bahwa aliran darah meningkat sebesar 22% ketika seseorang sedang tertawa.

Dengan kata lain, secara penelitian tertawa memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Dengan berbagai manfaat ini, tertawa juga banyak dijadikan sebagai terapi kesehatan sekaligus gaya hidup sehat, lho. Aktifitas tertawa juga mulai diperkernalkan sebagai salah satu bagian dari olahraga dalam bentuk laughter yoga alias yoga tertawa. Cabang olahraga yoga tertawa ini diperkenalkan oleh Madan Kataria, terapis India, sejak 2002.



Tapi, sebenarnya klub tertawa pertama di India ini sudah terbentuk jauh sebelum penelitian tentang efek positif tertawa bagi kesehatan dimulai, yakni sejak tahun 1995. Sejak saat itu, popularitas terapi ini terus berkembang, sehingga pada 2011 sudah ada 8.000 klub tertawa di 65 negara di seluruh dunia, hingga sekarang di tahun 2015 mungkin sudah jauh melampaui angka tersebut.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari tertawa adalah:

1.      Menjaga Suasana Hati Tetap Positif
Pribadi yang sehat adalah pribadi yang tampak dari raut wajahnya.

Tahukah sobat, dengan tertawa secara tidak sadar tubuh kita mampu melepaskan endorfin dalam otak, sehingga suasana hati tetap positif terjaga. Akibatnya, sobat justru akan lebih mudah tertawa dan hal itu yang penting diinginkan oleh tubuh. Menciptakan suasana yang selalu bahagia merupakan hal yang selalu diinginkan oleh tubuh untuk membantu seseorang dalam menahan energi negatif saat suasana hati buruk. Endorfin yang dihasilkan saat tertawa juga mampu membuat perasaan jauh lebih baik sehingga rasa stress atau emosional tinggi bisa diredam.

2.      Membuat Perasaan Lebih Santai
Sisihkan beberapa saat untuk sekadar merebahkan pikiran sambil bercengkrama dengan teman.
Manfaat yang kedua adalah mampu membuat diri kita lebih santai. Sobat tahu tidak, dengan tertawa ternyata mampu membantu tubuh membawa lebih banyak oksigen ke dalam otak, sehingga tubuh merasa lebih rileks dan berenergi. Sebuah studi mengatakan bahwa manfaat dari rasa humor dan tertawa ternyata mampu meminimalisir pikiran negatif dalam kehidupan yang menyebabkan depresi.

Tidak hanya itu, tertawa juga dapat mengurangi rasa kesepian dan membuat seseorang berpikir lebih positif terhadap diri mereka sendiri. Manfaat lain dari tertawa adalah akan membuat awet muda. Karena secara tidak sadar dengan tertawa otot-otot pada wajah turut berolahraga. Wajah akan bersinar ketika tertawa, itu di karenakan ada peningkatan suplai darah yang memelihara kulit wajah.

3.      Meningkatkan Kekebalan Tubuh
     
Meski sudah tua, jangan biarkan dirimu merenung. tertawalah, maka itu adalah obat membuatmu tetap bergembira.
Tahukah sobat bahwa tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menangkal flu. Rendahnya tingkat stres juga dapat memperkuat kekebalan tubuh. Sebuah studi menunjukan bahwa antibodi mampu memerangi infeksi yang ada dalam tubuh saat tertawa. Hal itu disebabkan karena kadar oksigen meningkat ketika Sobat tertawa. Tawa membantu mengatasi stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga sobat jadi lebih tak mudah sakit. Sobat pun lebih cepat sembuh bila sedang sakit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika Sobat tertawa, ada peningkatan aliran darah yang kaya akan oksigen ke dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan adanya pelepasan endorfin, yang membuat perasaan negatif dan stres menghilang. Sobat bisa bantu menyehatkan jantung dengan melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan endorfin seperti,mendengarkan musik yang disukai, olahraga dan juga tertawa. Penelitian di California, Amerika Serikat, menemukan bahwa dengan menonton acara humor di TV dapat meningkatkan 26 persen kolestrol baik dalam tubuh. Penelitian ini juga dilakukan oleh para penderita diabetes, yang berhasil menurunkan risiko terkena penyakit jantung dengan menonton acara humor. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa penderita penyakit kronis tidak merasa terganggu dengan rasa sakitnya tersebut ketika mereka sering tertawa. Tertawa tidak akan menyembuhkan sakit kronis Sobat, tetapi bisa membantu meringankan rasa sakit yang diderita. 

    Endorfin akan membunuh rasa sakit alami yang di buat saat kita tertawa, tertawa juga sebagai terapi praktis bagi penderita penyakit tulang belakang. Endorfin dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit pada orang yang menderita arthitis dan kram otot. Frekuensi sakit kepala juga akan berkurang setelah sobat tertawa.

4.      Menjaga Cara Pandang Positif
Dengan tertawa hubunganmu bersama si dia berjalan dengan baik.
Tawa membantu membentuk cara pandang positif dan sikap optimis, bahkan saat Sobat menghadapi suatu masalah pelik. Komunikasi yang diselingi dengan humor bisa membuat hubungan jadi menyenangkan, tidak membosankan dan bebas dari rasa khawatir. Tidak hanya bantu mengubah pandangan seseorang terhadap masalah dari sisi yang menyenangkan, tetapi juga memperkuat hubungan dan kebersamaan. 


Cara-cara memancing gelak tawa:
Menonton film komedi atau meluangkan waktu bersama keluarga dan teman dekat adalah kesempatan paling tepat untuk memancing tawa sobat. Seperti kata-kata terkenal Warkop DKI,
“Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang!” Ada baiknya sobat melihat beberapa video berikut, ini:

SYAHRINI STICKER PARODI (edhozell + ekagustiwana) #parodisyahrini


Video Kompilasi Kevin Anggara

Selamat tertawa, selamat menjalani hidup dengan gembira.

http:// youtube.com