7 Hal Ini Bikin Kamu Tetap Bugar Ketika Berpuasa

Hai sobat, bagaimana nih, puasanya? Masih semangat atau ada yang udah mulai lemas-lemas nih? Jangan lemas gitu, dong. Enggak makan dan minum seharian tidak seharusnya menjadi alasan kamu menjadi lemas dan tidak bertenaga, lho. Nah di sini kokgituya.com mau ngasih beberapa tips yang bisa sobat lakukan agar tubuh tetap fit dan bugar selama berpuasa. Penasaran apa aja tipsnya? Ini dia!

1.      Pilih makanan yang tepat saat sahur dan berbuka
Variasi protein
Yang pertama harus dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti ikan, telur, tahu, dan sebagainya. Makanan yang mengandung lemak baik seperti kacang-kacangan, alpukat, dan daging buah kelapa juga diperlukan. Lemak baik akan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi dan menyediakan energi bagi tubuh. Selain itu, hindari konsumsi makan dengan kandungan garam yang tinggi. Karena konsumsi garam yang berlebihan akan membuat kamu menjadi cepat lapar dan dehidrasi. Pastikan asupan protein dalam tubuh tercukupi agar tubuh tak cepat lemas dan lesu.


2.      Olahraga
Nikmatnya berolahraga
Saat puasa, bukan berarti sobat libur berolahraga, lho. Memang banyak orang yang menganggap bahwa berolahraga saat puasa akan membuat tubuh mengalami dehidrasi dan menjadi lemas. Namun nyatanya, olahraga justru akan membuat tubuh tetap fit dan bugar saat sedang berpuasa, asalkan olahraga yang sobat lakukan tidak terlalu berat. Lakukanlah olahraga ringan seperti senam, jogging ringan, dan bersepeda menjelang waktu berbuka puasa.



3.      Minum banyak air putih
Nikmatnya buka puasa bersama
Untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, minumlah air yang cukup pada saat sahur dan berbuka puasa. Idealnya, manusia harus minum paling sedikit 2 liter atau 8 gelas air putih dalam sehari. Saat puasa, sobat dapat mengatur konsumsi air putih per hari dengan minum air putih 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, dan 4 gelas berikutnya saat makan makan hingga menjelang tidur. Selain itu, sebaiknya hindari minuman yang tidak baik bagi kesehatan lambung seperti kopi dan minuman bersoda.

  
4.      Tidur cukup
Tidur yang cukup penting membantu tubuh tetap segar ketika puasa
Selain asupan makanan, waktu tidur tentunya juga mempengaruhi kebugaran tubuh sobat. Jika mengantuk saat beraktivitas, bukan berarti itu pengaruh dari puasa, tapi waktu tidur sobat yang tidak teratur.










5.      Konsumsi makanan ringat saat berbuka
Kue kering dan basah khas jajanan pasar pelengkap menu berbuka
Lapar setelah seharian berpuasa, bukan menjadi alasan sobat untuk langsung melahap makanan berat seperti nasi saat berbuka puasa. Karena hal tersebut justru akan menganggu sistem pencernaan kamu. Sebaiknya mulailah dengan makanan ringan seperti kolak, sup, atau makanan pembuka lainnya.






6.      Hindari tempat yang panas
Hindari terik matahari langsung
Berada di tempat yang panas dalam waktu yang cukup lama akan membuat tubuh sobat lebih mudah mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya sobat berdiam di tempat atau ruangan yang teduh dan sejuk. Selain itu, batasilah aktivitas fisik yang berlebihan saat puasa. Apabila sobat terpaksa melakukan pekerjaan-pekerjaan berat yang menguras banyak tenaga, istirahatkan tubuh disela-sela melakukan pekerjaan tersebut.






7.      Konsumsi Suplemen Alami
Madu adalah suplemen alami bagi tubuh
Untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa, sobat juga dapat mengkonsumsi suplemen kesehatan. Namun, sebaiknya konsumsi suplemen alami seperti madu, daripada suplemen kesehatan olahan yang belum tentu memberi manfaat baik bagi tubuh.














Nah bagaimana sobat kokgituya.com? Enggak khawatir lagi kan bakalan lemas saat puasa? Selamat berpuasa, tetap semangat, ya.... :)