Awas! Jangan Makan, Makanan Ini Ketika Berbuka Puasa

Apa yang paling dinanti dari berpuasa? Ya, pasti jawabannya adalah pada saat berbuka. Terbayang, dong menu buka puasa yang berselara, menu yang beraneka ragam yang mengugah iman ketika siang. Akan tetapi tahukah sobat? Bahwa tidak semua menu buka puasa yang biasanya kita konsumsi ternyata baik bagi tubuh. Ternyata ada banyak jenis makanan yang sebenarnya tidak boleh dikonsumsi saat berbuka puasa, atau setidaknya jenis makanan tersebut baru bisa dikonsumsi ketika lambung sudah normal kembali dan tak membuat tubuh kita kaget. Nah, berikut 5 jenis makanan yang patut dihindari saat berbuka:

1. Gorengan
Aneka Gorengan
Gorengan memang camilan yang banyak dikonsumsi saat buka puasa. Rasa gurih serta cara mengolah yang praktis bikin hidangan ini jadi pilihan yang pas. Padahal lemak dari minyak yang digunakan untuk menggoreng bukan hal yang sehat bagi tubuh. Pencernaan pun akan bekerja keras dalam mencerna gorengan, di saat perut sedang kosong.








2. Es
Es
Air es dan segala yang berbau es sebenarnya tak dianjurkan untuk buka puasa. Ini disebabkan suhu tubuh saat puasa umumnya lebih hangat, sehingga konsumsi minuman hangat lebih dianjurkan agar sesuai dengan suhu tubuh dan pencernaan tidak kaget.














3. Asam dan pedas
Menu Pedas
Jenis makanan asam dan pedas bisa membuat lambung teriritasi, apalagi saat sedang kosong seperti waktu buka puasa. Memang agak susah bagi sobat yang sudah keranjingan menyantap makanan pedas dengan bahan dasar seperti cabai, tak tak ada salahnya bukan untuk memulai perhatikan lambung dan sistem pencernaan sobat. Jangan sampai karena dibekali ketahanan menahan pedas dari makanan justru membuat pencernaan sobat bermasalah.





4. Santan

Nah, yang keempat ini adalah hindari makanan bersantan ketika berbuka. Karena makanan bersantan mengandung lemak yang menyulitkan lambung dalam mencerna saat berbuka puasa. Lambung dipaksa kerja keras untuk mencerna makanan, apalagi pada saat itu asam lambung tengah tinggi karena faktor tak ada makanan yang dicerna ketika puasa.








5. Daging
Daging Rendang
Berbagai jenis daging mengandung serat yang tinggi. Proses pencernaannya butuh waktu lebih lama, padahal saat buka puasa tubuh butuh nutrisi untuk mengganti nutrisi yang hilang seharian.
Setelah mengonsumsi makanan ringan usai berbuka puasa dan pencernaan sudah kembali normal, maka tentu Anda boleh mengonsumsi semua hidangan di atas.







Jadi lebih baik sabar, ya. Karena jika memaksakan mengkonsumsi makanan di atas terus-menerus dikhawatirkan akan mengiritasi lambung. Sobat bisa mengalami mual, muntah, dan sakit perut jika asam lambung naik atau sering disebut gejala sakit maag.


Selamat berbuka.