10 Hal yang Wajib Kamu Perlukan Sebelum Memulai Berwirausaha

Sumber: http://berabagi-tips.blogspot.com/

Membangun bisnis bermodalkan niat memang sudah bukan sempalan baru orang-orang yang sudah berniat ataupun sudah bosan dengan pekerjaan yang dijalaninya sekarang. Namun, lebih dari itu membangun wirausaha dibutuhkan lebih dari sekadar niat ataupun modal secara materi. Jangan pikir modal materi saja sudah cukup. Membangun wirausaha dibutuhkan berbagai macam persiapan seperti perencanaan yang matang hingga mental yang sangat kuat.

Untuk itu bagi kamu yang ingin memulai wirausaha perlu memperhatikan hal-hal yang wajib kamu ikuti berikut ini:

1. Mempunyai konsep bisnis yang berbeda dari wirausahawan lain. Pastikan ide kamu ini memang dikuasai dengan baik olehmu.
Idea
Membuka usaha baru memang perlu kerja keras yang tak sedikit, selain mental yang akan diuji tentunya bahan atau amunisi untuk bisa dilihat orang lain adalah hal yang wajib untuk diketahui, terlebih jika usaha baru sobat yang akan dibuat berkenaan dengan berbagai usaha yang sebelumnya sudah dilakukan oleh banyak orang. Tentu dibutuhkan kreatifitas dalam mengolah konsep bisnis yang berbeda. Memiliki ciri khas sendiri sehingga mudah dikenal adalah hal yang pertama harus diperhatikan. Pastikan juga ide sobat memang benar dikuasi dengan baik agar tidak asal dalam memilih bidang usaha yang baru. Bukankah menyenangkan jika hobi yang sobat tekuni juga ternyata adalah pekerjaan yang sobat jalani.


2. Jalankan niat kamu tersebut dengan bekal modal usaha yang cukup sebagai modal awal.
Petakan target konsumen yang akan membeli produk kamu tersebut.
Target Konsumen
Setelah sobat mempunyai konsep bisnis berbeda dari oranglain, pastikan sobat juga sudah menentukan target konsumen yang menyasar produk sobat. Pastikan sobat tahu produk yang sobat buat untuk siapa, dari kalangan apa sampai apa dan bagaimana cara agar orang lain meliriknya. Jangan sampai sobat membuat produk yang terkesan mahal, tapi menyasar kelas ekonomi bawah atau menengah, tentu hal semacam itu menjadi percuma. Contohnya saja sobat membuka usaha konveksi kaus, tapi sobat punya idealis bahwa produk yang sobat buat punya kualitas tinggi, misal bahannya terbuat dari sutera, padahal sasaran sobat adalah kaum muda dengan ekonomi menengah. Maka, bisa jadi produk yang sobat buat tidak akan dilirik oleh kaum muda karena harga jualnya yang tinggi.

3. Gunakan prinsip analisis SWOT
Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-andan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.


4.Buatlah nama perusahaan maupun produk yang kamu buat dengan nama yang mudah diingat banyak orang dan mudah diucapkan. Gali kreatifitasmu.
Apple from Apple Fruit
Membuat nama perusahaan atau lebih tepatnya membuat brand adalah pekerjaan yang tak mudah, meski dapat dibilang tidak terlalu sulit. Banyak cara untuk menggali sebuah nama produk. Seperti Steve Jobs yang menamai perusahaan raksasa komputernya dengan nama Apple karena mempunyai filosofi bahwa semua orang suka dengan buah tersebut, maka Steve berpikir bahwa produk yang ia buat haruslah menarik minat banyak orang. Nama produk memang harus mempunyai filosofi yang jelas dan kuat, pastikan ketika sobat akan menamai suatu produk dipikirkan dengan dalam.








5.Perlunya strategi promosi yang baik agar menarik minat perhatian banyak orang. Temukan strategi promo yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Kamu bisa mencoba memasarkan produkmu via toko online, membuat website, mengenalkannya dari mulut ke mulut, relasi teman maupun keluarga.
Pentingnya Strategi dalam Berbisnis
Setelah sobat memalukan semua hal yang di atas. Hal yang selanjutnya sobat pikirkan adalah mulai menyusun strategi promosi yang baik. Di zaman yang serba cepat ini, kebutuhan akan informasi bisa dengan cepat diperoleh melalui genggaman tangan. Salah satu hal yang bisa dilakukan dengan mudah adalah mencoba memasarakan melalui internet. Menjaring berbagai macam relasi orang-orang yang aktif dan banyak orang tahu di media sosial merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengenalkan suatu produk. Semisal sobat tengah membangun usaha kuliner, kemudian sobat ingin semua orang tahu di internet. Sobat bisa menjalin kerjasama dengan seleb tweet, memasang menu sobat di instagram dengan tampilan yang bagus, serta beragam endorsment atau mungkin diskon yang cukup menggiurkan.

6. Terus gali ide-ide baru dan cari tahu hal-hal yang berguna untuk mengembangan bisnis usaha yang kamu jalani. Belajarlah dari banyak wirausaha sukses dan jangan cepat merasa puas.
Dream Business
Hal yang selanjutnya patut sobat punya adalah menggali berbagai macam ide-ide baru, guna mengembangkan bisnis usaha sobat yang tengah dijalani. Untuk menuai sukses tentu dibutuhkan kemauan belajar yang terus-menerus, tidak cepat puas dengan hasil yang didapat dan selalu konsisten dalam hal bekerja. Mengambil contoh dari perusahaan sederhana yang kini tengah berkembang yaitu gojek. Siapa sangka, kini perusahaan yang mengandalkan aplikasi sederhana untuk memanggil ojek menjadi sangat in dikalangan masyarakat Jakarta. Hampir semua orang sekarang menggunakan aplikasi tersebut, dan siapa menyangka kini gojek terus berkembang. Tapi, semua itu tentu tak semudah kelihatannya. Terus belajar adalah hal yang wajib untuk dilakukan.

7. Jangan takut untuk menjual produk hasil usahamu meskipun kamu belum mempunyai kantor fisik. 
Jaringan Internet Merupakan Cara Berpromosi
Ketujuh adalah jangan takut untuk menjual produk hasil usahamu meskipun kamu belum mempunyai kantor fisik. Hal yang selanjutnya perlu sobat jalani ini patut sobat perhatikan karena tak perlu kantor fisik seperti toko, cukup bermodalkan halaman page, blog dan jaringan melalui internet, sobat sudah bisa memulai usaha. Apalagi penyedia usaha jual-beli online tengah digemari oleh masyarakat, maka tentu tak sulit untuk memasarkan produk yang sobat buat.






8. Banyak pengusaha sukses yang hanya bemodalkan kekuatan internet mampu menjual berbagai macam produk hasil karyanya tanpa memiliki toko fisik.
Ollie pengusaha muda yang menekuni bisnis self publishing dan toko buku online. Menggabungkan hobi membaca dan pekerjaan, menjadi kesatuan yang menyenangkan baginya.
Sama halnya dengan hal di atas. Hal yang sobat perlu perhatikan adalah membangun koneksi pemasaran tak melulu harus bermodalkan toko fisik. Membuka usaha toko online lebih dulu adalah salah satu cara yang bisa dilakukan asalkan sobat mempunyai respon yang cepat, ramah, dan konsisten, tentu menjalin pelanggan akan mudah untuk dilakukan.

9. Jadilah seorang yang selalu ramah kepada konsumen, jawab perihal seluk beluk maupun hal yang ditanyakan oleh konsumen kepadamu. Service yang baik pasti mendatangkan kepercayaan terhadap orang lain.
Ramah dan santun dalam menyambut konsumen yang datang
Dan, hal yang terakhir yang bisa dilakukan adalah membangun pola komunikasi yang baik dengan konsumen. Jawab semua perihal seluk-beluk yang konsumen tanyakan mengenai produk yang kamu buat. Tanamkan dalam pikiranmu bahwa semua konsumen ingin diperhatikan, semua konsumen ingin yang menjadi terdepan dalam pelayanan, maka menahan ego dan tak cepat marah ketika banyak orang yang hanya sekadar bertanya tentang produkmu tentu menjadi service yang baik dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan oleh konsumen.

10. Kuatkan mental, dan kencangkan ikat pinggang.
Steve Jobs
Dan, hal terakhir yang perlu sobat lakukan adalah kencang ikat pinggang dan mulailah menguatkan mental. Tentu hal inilah yang pada akhirnya harus sobat pahami bahwa dibalik kesuksesan secara materi tentu tertanam mental yang kuat dari setiap pribadi seseorang. Tengok saja bagaimana Steve Jobs memulai usaha bisnis komputernya dengan tekun, keras, dan percaya pada kemampuannya.

sumber: http://www.liputan6.com/tag/wirausaha-muda