Ada Suara Terompet dari Langit!

source: http://www.pubinfo.id/
Berawal dari rutinitas gue baca berita online di berbagai situs berita dunia. Gue menemukan sebuah berita yang bikin banyak orang tercengang belakangan ini. Berita tentang suara mirip terompet yang sumbernya dari langit. Setelah gue membaca berita itu, gue berkata dalam hati “Apa bener ini terjadi? Apa bener kiamat bentar lagi.” Padahal dosa gue masih banyak. Utang gue belum lunas. Gue juga belum bisa berbakti sama orangtua. Duh, sedih. Tapi, asli berita ini bikin gue mikir untuk segera bertobat, lho. 

Entah, bener apa nggak, saat ini orang-orang di berbagai belahan dunia juga lagi menerka-nerka dan mencari tahu tentang suara aneh dari langit yang mirip dengan suara terompet apa bener itu suara terompet yang mungkin ada kaitannya dengan kitab dalam agama atau justru itu fenomena ilmiah. Entahlah.

Mengutip intisari dari berita CNN Indonesia, sejumlah masyarakat dari berbagai negara seperti Kanada, Australia, Jerman, dan Amerika Serikat kini sedang bertanya-tanya setelah mendengar suara tersebut. Bahkan, beberapa di antaranya merekam menggunakan kamera ponsel, lalu mengunggahnya ke YouTube.

Awalnya gue sama sekali nggak percaya, gue kira ini kerjaan orang aja. Tapi, pas gue lihat dan denger videonya itu, gue baru percaya kalau suara itu memang mirip terompet yang datangnya entah dari langit atau bukan. Dan, gue jadi merinding sendiri setelah mendengarnya. Apa mungkin ini....

Salah satu warga yang merekam suara misterius tersebut dan mengunggahnya ke situs jejaring sosialnya, yakni Kimberly Wookey mengatakan, "Ini adalah kali kedua saya mendengar suara ini. Kali Pertama saya mendengarnya terjadi pada 19 Juni 2013 pada pukul antara 9 sampai 9.30 pagi. Tapi suara itu tidak cukup interns," katanya di akun YouTube miliknya, yang dikutip dari Tech in Times dan CNN Indonesia. Selain itu, Kimberly Wookey mengaku pernah terkejut mendapati dirinya dibangunkan oleh suara keras itu dan melihat anaknya ketakutan karena suara tersebut.

Wookey menambahkan bahwa dia tidak percaya bahwa peristiwa ini memiliki hubungan dengan agama, atau bahwa suara ini bisa berasal dari alien, kereta atau konstruksi. Bagaimanapun Wookey percaya bahwa peristiwa tersebut terjadi karena fenomena geofisika yang bisa dijelaskan dengan pendekatan ilmiah. 

Sementara itu Aaron Traylor, warga Montana, mengatakan bahwa telah menderita mimpi buruk setelah ia mengunggah suara menakutkan tersebut. Dia menceritakan bagaimana istrinya membangunkannya satu malam karena ia berteriak dalam tidurnya.

Namun, nyatanya fenomena aneh ini juga udah pernah terjadi selama beberapa tahun belakang yaitu sejak 2008 di negara bagian California dan Texas hingga Negeri Kanguru. Seperti di situs StrangeSounds.org bahkan mengumpulkan sekitar 150 video rekaman suara aneh yang kerap terjadi tersebut. Nggak sedikit yang beranggapan kalau suara kayak gini tuh, adalah terompet sangkakala Tuhan ataupun berasal dari peradaban alien.

Buat kalian yang mau tahu suara aneh mirip terompet yang terdengar dari langit itu, berikut gue lampirkan videonya dalam blog ini. Saran gue jangan dilihat ketika malam.



Penjelasan dari pendapat ahli:
Pun, setelah nonton dan mendengar langsung suara mirip terompet itu. Gue masih berpikir dan belum 100% percaya. Akhirnya setelah bertanya-tanya ke diri temen-temen gue, nyokap-bokap gue, adek gue, temennya adek gue, temennya temen adek gue, sampe tetangga samping rumah yang nggak ngakuin gue sebagai tetangganya gue berhasil menemukan jawaban atas pertanyaan di benak gue. Gue selepas itu cuma bisa bertanya-tanya sama diri sendiri dan berpikir bahwa mungkin ini adalah takdir illahi yang sudah digariskan.

source: google.com
Namun, akhirnya jawaban itu datang juga kepada gue. Bapak Prof. Thomas Djamaluddin Kepala Lapan membuka pencerahan kepada gue. Beliau memberikan penjelasan ilmiah yang bikin gue untuk tetap berpikir rasional dan selalu mengingat kebesaran Tuhan.

Beliau mengatakan dalam wawancara teleponnya dengan CNN Indonesia, bahwa suara yang terdengar mirip terompet dari langit itu bukanlah suara yang berasal dari langit. Karena suara atau audio itu butuh perambat, sementara di luar Bumi itu tidak ada atmosfer. Apabila ada unsur yang memang berasal dari luar angkasa, kemungkinan besar itu adalah benda antariksa seperti komet, asteroid, hingga meteor yang betul-betul jatuh atau menabrak Bumi, dan bukan berupa suara. Dan, belum tentu juga apakah suara itu berasal dari bencana alam ataupun tidak.


source: www.nasa.gov
Sementara menurut pendapat badan antariksa NASA, AS. Suara mirip terompet itu memang seolah terdengar mirip dengan musik latar yang biasanya dapat didengar di film fiksi ilmiah, dan itu bukan berasal dari luar angkasa. Para pakar menekankan bahwa suara itu jelas datang dari Bumi. Bisa saja suara itu berasal dari emisi radio alami dari planet Bumi itu sendiri yang sebenarnya lumrah terjadi. Mungkin jika manusia memiliki antena radio di kepalanya bukan telinga, mungkin kita akan mendengar sebuah simfoni luar biasa dari suara-suara aneh yang datang dari planet kita sendiri. Tutup juru bicara NASA, dikutip dari Tech Times.

Lain lagi dari laporan situs berita Union Tribune San Diego, para ilmuwan mengatakan suara tersebut bisa berasal dari bencana alam seperti gempa bumi, gelombang air pasang, sampai ledakan gas metana. Sementara itu, peneliti dari U.S. Geological Survey, David Hill juga bilang kalau gempa bumi kecil di bawah permukaan Bumi itu juga bisa memancarkan suara, lho. Bisa jadi suara itu berasal dari pecahan kerak Bumi. Selain itu, Hill juga berpendapat, suara tersebut bisa saja terpancar dari meteor.

Sampai berita ini belum habis gue baca, muncullah banyak versi pendapat dari para ahli menanggapi fenomena ini. Teus muncullah sebuah teori-teori lainnya dari analisis program riset pemerintah AS High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP) menyatakan suara itu berasal dari pengaruh dari lini daya listrik, radiasi elektromagnetik, tekanan tinggi gas, dan jalur komunikasi perangkat nirkabel.

Abis baca berita ini gue harus rajin ibadah, nih. Sekian

Source: CNN Indonesia, Google, Youtube