5 Tempat Nongkrong yang Bikin Lo jadi Gaul Sekaligus Pintar di Jakarta

Hidup di Jakarta sebagai anak muda pastilah penuh dengan berbagai tuntutan. Misalnya aja, secara nggak sadar lo dituntut untuk tampil trendi, mengikuti zaman dan suka pada hal-hal kekinian. Belum lagi ketika lo udah punya pacar, so pasti wawasan tempat nongkrong seperti cafe misalnya, bakalan dituntut abis untuk dijelajahi sama pacar lo itu. Kan, nggak mungkin pacar lo itu nuntut buat naik odong-odong, ya, kan? Dan, nggak bisa dipungkiri juga yang namanya udah pacaran pastilah membutuhkan modal yang nggak sedikit. Nggak mungkin juga cuma modal dengkul kopong lo itu. Yang ada pacar lo bisa bilang “najis, lo!”.
Dan, gue yakin masalah lo nggak cuma sampai di situ. Misalnya aja disaat tugas kuliah menumpuk, genderang negara api mulai menyerang dan sederet permasalahan hidup seperti, lupa bayar kosn. Ketahuan ngintip cewek tetangga sebelah, dan tagihan warteg yang udah jatuh tempo. Beuh... berat bener, kan.
Dan, gue yakin hal yang kayak gitu yang nggak lo mau, kan. Sebenarnya banyak cara buat mensiasati ini. Terlebih kalau lo masih mahasiswa. Tentu lo harus muter otak yang banyak. Hmmm... tapi tenang aja, gue punya saran atas masalah lo itu semua. Saran gue adalah pergi keperpustakaan. Yup, lo nggak salah denger, apalagi salah masuk WC. Weits... tapi jangan langsung mikir bakalan jadi kutu buku gitu.
Perpustakaan di zaman sekarang udah beda sama zama doeloe, lhoe! Bedanya yang doeloe mungkin terkesan dingin, jarang ada cowok or cewek keren yang main. Isinya tumpukan buku doang. Penjaga perpus yang galak seperti ini:

image
Ups, sorry salah. Kalau yang kayak gini, sih. Gue juga mau. Oke, oke. Gue harus fokus, nih. Jadi perpustakaan zaman sekarang udah jauh nge-hits. Konsepnya menggabungkan cafe dengan buku. Lo bisa menyereput cokelat panas di tengah gemericik air hujan yang turun sore hari sambil membaca novel. Beuh... galau. Dan, di Jakarta (baca: zookarta) udah banyak berseliweran cafebook ini. Yuk! Kita simak.

1. Reading Room
Kafe dan perpustakaan ini terletak di Jl. Kemang Timur 57a-b, Jakarta Selatan. Konsep dari Cafebook shop ini menampilkan kesan yang homy. Pengunjung yang datang bisa menikmati makanan dan minuman khas cafe pada umumnya sembari berbelanja buku di sana. Buku-buku yang ada di sana tidak semua dapat dibeli. Terdapa beberapa buku lama dan limited yang memang tidak untuk dijual, tapi dapat dibaca ditempat. Untuk info media sosialnya bisa dilihat di  twitter: @ReadingRoomJkt o

image

2. Freedom
Yang kedua adalah perpustakaan Freedom. Perpustakaan ini terletak di Jl. Proklamasi No. 41 Menteng. Perpustakaan ini memang tidak menyatu dengan cafe layaknya Reading Room. Hanya saja jika kalian ingin memesan minuman atau makanan di samping perpustakaan ini terdapat coffe shop yang menyediakan aktifitas nongkrong sambil baca jadi menyenangkan.
Suasana yang tergambarkan dari perspustakaan ini begitu hangat, ornamen ruangan batu bata merah, meja kayu, dan pencahayaan yang baik secara alami membuat suasananya begitu nyaman. Dan selayaknya perpustakaan, ditempat ini terdapat berbagai buku politik, sosial seperti sosiologi, dan filsafat yang banyak. Untuk info media sosialnya bisa dilihat di  twitter: freedominstyle

image

3. Rujak Center
Ketiga adalah Perpustakaan Rujak Center for Urban Studies (RCUS) di Gedung Ranuza lantai 2, Jalan Timor No. 10, Menteng, Jakarta Pusat. Perpustakaan ini menyediakan berbagai bahan bacaan khas perkotaan. Lebih tepatnya tata perkotaan. Walaupun tidak seberapa besar, perpustakaan ini memiliki koleksi buku tentang kota yang tidak mudah ditemukan di perpustakaan lain. Dan, dijamin terpuaskan jika mencari referensi atau sekadar pengin melihat foto-foto kota Jakarta zaman doeloe. 

image


4. Daniel S. Lev
Dan, yang keempat adalah Perpustakaan Daniel S. Lev. Puri Imperium Office Plaza, UG-16 Jl. Kuningan Madya Kav. 5-6 Jakarta 12980. Perpustakaan ini memiliki total koleksi sekitar 12.000 buku. Buku-buku tersebut tidak bisa dipinjam, hanya untuk dibaca di tempat. twitter: @DanlevLibrary

image

5. Comic Cafe
Dan, yang terakhir adalah Comic Cafe.  Seperti namanya, perpustakaan ini adalah perpustakaan komik yang jelas sangat berbeda dari perpustakaan lainnya. Selain itu, perpustakaan ini juga menggabungkan unsur cafe di dalamnya. Sehingga bagi para pembaca setia komik dapat berlama-lama dan senantiasa bisa tetap enjoy dengan tersedianya makanan serta minuman dari cafe tersebut.
Comic Cafe ini bisa kamu kunjungi di Jalan Tebet Utara Dalam.

image
Terima kasih.
Oleh: @novriliantobayu