5 Hal Keren yang Dipunyain Penyiar Radio


Kata orang, jadi penyiar radio itu gampang. Nggak butuh modal tampang yang penting suara lo mesti sexy buat cewek, berat-dalam buat yang cowok, dan kemayu buat yang knowlah. Hehehe. Tapi jangan disangka kalau pekerjaan yang satu ini cuma butuhin modal suara doang. Kate siape!?

Nih, berikut gue kasih 5 hal keren yang dipunyai seorang penyiar radio dibandingkan dengan presenter TV atau komentator sepak bola karbitan.

1.   Jadwal libur yang nggak pasti
Lo tahu nggak penyiar radio itu kadang harus teteup masuk buat kerja, lho. Iya, alasan mereka cuma satu, yaitu buat ngehibur lo yang lagi sedih, senang, dan nemenin lo ketika bermacet ria di jalan. Bayangin aja mereka mesti kerja dan ngerelain waktu nyantainya buat lo. Kurang apa lagi, coba. Duh, sedih, kan jadinya. Tisu mana, tisu.

2.   Mesti tahan sama lagu sendu walau lagi patah hati
Yang kedua ini, lo mesti paham semua. Emang nggak mudah buat orang ketika lagi patah hati terus nyembunyiin kisah sedihnya. Dan, yang berhasil buat ngelakuin itu cuma satu, yakni penyiar radio. Maka saran gue buat yang lagi patah hati, belajarlah dari mereka. Kan, nggak asyik juga pas lo lagi asoy-asoy nikmatin lagu gitu, tiba-tiba ada yang mewek. Sabar, mpok. Cup, cup.

3.   Mesti punya tenaga dalam pernapasan
Ada yang bilang, kalau punya tenaga dalam pernapasan cuma dimiliki sama para pendekar pencak silat atau sejenis bela diri lainnya. Weits... kalau lo cuma sebatas itu berpikirnya, gue yakinin lo cukup salah. Hahaha. Karena ternyata penyiar radio itu juga punya tenaga dalam pernapasan, lo. Bayangin dong, gimana kerennya mereka pas infoin suatu berita lewat suara yang tidak terdengar terputus-putus. Lurur dan mulus. Luar biasa, kan.

4.   Punya selera humor tinggi meski sering diomelin boss
Kalau lo sering stress nanggepin boss yang sering ngomel. Kayaknya lo mesti coba belajar sama para penyiar radio, deh. Karena mereka jarang menampilkan nada-nada marah atau emosional pas siaran. Padahal mungkin aja mereka abis dimarahin sama bossnya gara-gara telat dateng ngantor, atau lupa dandan untuk pergi ke kantor, bahkan mandi. (Emang keliatan!?)


5.   Punya kemampuan banyak bahasa termasuk bahasa binatang dan bahasa qolbu
Dan, yang terakhir adalah punya kemampuan berbahasa yang mumpuni. Semua pekerjaan emang ngebutuhin skill bahasa yang mumpuni, nggak terkecuali penyiar radio. Penyiar radio dituntut untuk bisa membawakan informasi dengan pelafalan kata yang baik agar tidak terjadi miss comunication ketika mendengar bicara. Coba bayangin kalau penyiar radionya lebih seneng pake bahasa qolbu? Yang ada cuma diem tuh, radio isinya.

Sebenarnya masih banyak hal keren lainnya yang dipunyain sama penyiar radio. Cuman gue yakin semua kelebihannya itu tetap berbanding sama dengan pekerjaan yang lo punya sekarang. Ingat bersyukurlah terhadap pekerjaan yang lo punya. Banyak lho, orang yang pengin dapet kerja.

Maka pesan terakhir, dari gue adalah bersabar dan bersyukurlah.

Terima kasih sudah membaca tulisan gue.
Oleh: @novriliantobayu