Periksalah Bakso yang Akan Sobat Makan Dengan Tusuk Gigi dan Kunyit

Siapa sih, yang nggak suka makan bakso. Sobat pasti salah satunya ya... tapi tahu nggak bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. 


Boraks bukan untuk makanan
Namun sayangnya, saat ini juga banyak ditemui produsen makanan yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja mencampurkan bahan kimia boraks pada bahan makanannya. Efek boraks yang diberikan pada makanan dapat memperbaiki struktur dan tekstur makanan. Seperti contohnya bila boraks diberikan pada bakso, akan membuat bakso jadi sangat kenyal dan tahan lama, sedangkan pada kerupuk yang mengandung boraks jika digoreng akan mengembang dan empuk serta memiliki tekstur yang bagus dan renyah.

Efek mengkonsumsi boraks
Efek negatif dari penggunaan boraks ini kalau sobat tahu dapat berdampak sangat buruk pada kesehatan manusia, lho. Boraks memiliki efek racun yang berbahaya pada sistem metabolisme manusia sebagaimana halnya zat-zat tambahan makanan lain yang merusak kesehatan manusia. Parahnya, makanan yang telah diberi borax seperti bakso akan sangat sulit dibedakan jika hanya melalui kasat mata saja.





Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila
Lalu bagaimana agar dapat mengetahui jika makanan yang akan sobat santap mengandung borax atau tidak? Ada cara mudah hasil temuan dua siswi SMAN 3 Semarang, Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila. Mereka telah menemukan cara mendeteksi borax yang terkandung pada makanan dengan cara yang sangat mudah dan praktis, yakni hanya dengan tusuk gigi. 





Penemuan Dayu dan Luthfia menamakan temuannya tersebut dengan SIBODEX (stick of boraks detector). Temuan mereka ini berhasil menyabet medali emas pada International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014, sebuah ajang kompetisi inovasi anak.

Caranya, tusukkan tusuk gigi pada kunyit terlebih dahulu, kemudian tusukkan pada makanan yang akan diuji. Setelah kira-kira 5 detik, maka akan terlihat apakah makanan tersebut mengandung boraks atau tidak.

bakso yang mengandung boraks berwarna kemerahan
Kunyit akan bereaksi terhadap bahan kimia termasuk boraks yaitu dengan perubahan warna. Bila bakso mengandung boraks, maka tusuk gigi tersebut akan menjadi berwarna merah. Akan tetapi jika bakso yang akan sobat makan tidak mengalami perubahan warna, maka bakso tersebut aman untuk dikonsumsi.








Biar, lebih waspada. Berikut merupakan tayangan reportase mengenai video bakso boraks ini:



Cukup mudah, bukan? Selamat menikmati bakso bebas dari boraks, Semoga bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman yang lain.