Cara-cara Mudah Buat Laptop Sobat Kembali Segar dan Bekerja Kencang

Hai sobat, artikel kali ini akan ngebahas tentang cara-cara ampuh untuk bikin laptop lamamu kembali segar dan bekerja kencang. Nah, sobat tentu tahu bukan, jika laptop yang sering dipakai untuk bekerja, main game, dan ngelakuin banyak hal kadang seiiring bertambahnya usia mengalami banyak masalah. Ya, seperti masalah lelet alias lemot, gores di sana-sini karena sering keluar-masuk tas laptop, atau tampak kusam karena malas untuk dibersihkan.
Awalnya setahun-dua tahun, si laptop masih bisa saja: bersih kinclong tanpa menunjukkan gejala lemot. Tapi, menginjak tahun ketiga, biasanya si laptop ini mulai jelek, kotor, rewel dan mengalami penurunan performa. Padahal, tugas-tugas dan laporan yang harus dikerjakan bejibunbanyaknya.
Bagi sobat yang mulai galau karena laptop kesayangan sudah mulai dimakan usia, kali ini kokgituya.com akan memberikan cara-cara sederhana agar laptop kesayangan sobat kembali bisa segar seperti dahulu kala. Ini dia tipsnya:
1. Poles laptopmu dengan isoprofil alkohol agar noda kotor yang mengganggu segera hilang
bersihkan laptop sobat dengan isoprofil alkohol dan lap yang lembut
Seperti prajurit yang pulang dari perang, laptop sobat yang sudah 2 tahun lebih menemani untuk bertualang ke berbagai medan mulai dari tugas kuliah sampai urusan kantor mulai menunjukkan tanda penuaan. Bisa ditebak, badan laptop ini pastinya sudah bercodet dan kotor.
Solusinya, cukup siapkan lap kacamata dan alkohol berkadar rendah. Lap kacamata memiliki tekstur halus, berbeda dengan tissue apalagi lap gombal, yang tentunya laptopmu sensitif dengan yang “kasar-kasar”. Sedangkan alkohol, memudahkan pembersihan laptop karena alkohol mampu membasmi noda-noda kotor di tubuhnya.
Untuk memudahkanmu membersihkan keyboard dan sela-sela laptop, ambillah cotton bud yang dicelup ke dalam alkohol, lalu gosok celahdan lekukan tersebut. Dijamin, bakal lebih bersih dari sebelumnya.

2. Bersihkan hardware dalam dengan usb vacuum cleaner untuk menghilangkan suara kipas membising dan laptop panas

Dua sampai tiga tahun adalah waktu yang cukup untuk menghanguskan garansi laptop sobat, dan karena garansinya sudah tidak ada, membuka casing bawah laptop kini bukanlah hal yang tabu dilakukan. Cara ini nggak seberbahaya yang dikhawatirkan orang, lho. Video tutorial di Youtube bisa membantu mendapatkan gambaran cara membukanya.
Jangan kaget apabila jeroan laptop sobat ini berdebu dan mungkin sudah terdapat lapisan debu di kipas laptopmu. Mulailah membersihkan dengan USB Vacuum Cleaner, yang bisa dinyalakan hanya dengan menggunakan adaptor smartphone mu. Harga USB Vacuum Cleaner ini gak mahal kok, paling yang bagus bisa sobat tebus dengan 50 ribuan aja.

3. Pasang cover laptop dengan motif dan warna yang menarik

Mendapatkan laptop yang bersih kinclong seperti baru, bisa jadi belum memuaskan hasrat sobat yang ingin membawa semangat baru pada laptop lama. Segeralah browse internet dan cari lapak terpercaya, lalu rogoh kocekmu untuk membeli cover laptop. Cover laptop ini beragam motifnya, bahkan bisa sobat buat sendiri, lho.






4. Segera rapihkan storage laptop dari file-file usang dan sudah tidak terpakai lagi

Bertahun-tahun berlalu, dan siapa tahu sobat belum pernah meluangkan waktu untuk membersihkan file-file tidak terpakai di laptop. Sisakan waktu di akhir pekan atau waktu istirahat sobat untuk menghapus file tak terpakai, ataupun merapihkan kembali dokumen-dokumen dan file penting di laptop. Pindahkan file-file tersebut ke external hardisk untuk melegakan space.
Alternatif lainnya sih, kumpulkan saja file-file lawas itu jadi satu dan gunakan WinRAR untuk meng-compress-nya menjadi kecil. Dijamin membantu melegakan napas laptopmu.

5. Lakukan defrag secara berkala

Data sudah obat bersihkan, nah selanjutnya tinggal merapihkan lokasi file-file tersebut di hard-drive. Buka menu start dan carilah disk defragment. Software tersebut adalah bawaan windows, dan yang kamu perlukan hanya menjalankannya, dan tunggulah hingga selesai. Oh, jangan lupa bawa pisang goreng plus kopi sebagai teman menanti.

6. Pasang antivirus baru yang lebih ringan dan bersahabat

Nggak jarang, laptop menjadi super lemot bahkan loyo akibat antivirus bonusan yang diinstallkan vendor ke laptop sobat. Cukup uninstall mereka dan cari antivirus ringan yang rekomendasinya bisa sobat cari via internet. Jangan khawatir akan kemampuannya, meski beberapa antivirus ringan itu buatan lokal dalam negeri kemampuannya nggak kalah dengan punya luar kok.


7. Rajin bersih-bersih dengan CC-Cleaner

Selain menginstall antivirus baru, akan lebih oke jika sobat menambahkan software baru yang bisa mengusir junk files alias file sampah yang teronggok di sistem mu secara menahun tanpa sobat tahu. Pastikan, sobat mencari yang aman dan bukan membawa virus, ya. Salah satunya dengan cc cleaner. Sobat bisa mengandalkan aplikasi pembersih ini untuk membersihkan file-file sampah dan beberap sampah history ketika sobat asyik berselancar di dunia maya.
Tentunya, sekedar membersihkan junk files, lebih baik daripada harus menginstall ulang laptopmu dan kehilangan banyak data bukan?

8. Masih merasa lelet? Mungkin komputer sobat menjalankan secara otomatis aplikasi yang tidak dibutuhkan sewaktu startup

Langkah ini agak sedikit butuh pemahaman komputer, memang. Di menu search-mu, ketiklah msconfig, dan lihatlah apa saja yang laptop sobat jalankan ketika ia dinyalakan. Beri tanda pada kotak “hide all microsoft service”, dan perhatikan aplikasi apa saja yang ada, siapa tahu ada yang tidak sobat kenal dan memberatkan proses laptopmu. Setelah selesai, sobat akan diingatkan untuk me-restart laptop sobat.



9. Mengupgrade RAM untuk meningkatkan kemampuan multitasking laptop sobat secara signifikan.

Masih belum puas dengan kinerja laptop lama sobat? Memang beberapa vendor laptop masih suka iseng dengan membekali RAM (Random Access Memory) laptop dengan ukuran kecil, yakni hanya 2 GB. Kalau sobat tipe yang hanya mengetik saja tanpa melakukan apapun, itu sudah cukup, kecuali sobat tipe orang yang suka mengetik, menyetel lagu, sambil berselancar di dunia maya dan mendownload sekaligus, ada baiknya sobat segera menggantinya dengan yang 4GB, atau jika keperluan sobat lebih berat lagi macam rendering atau video editing, ram 8GB adalah fardu ain.

10. Masih kurang cepat juga? tebuslah SSD. Dijamin laptop sobat bakal melesat lebih cepat.

Cara paling simpel untuk bikin laptop lama sobat melesat maju, paling kelihatan efeknya, dan sekaligus paling mahal, adalah mengganti hardisk drive laptop dengan SSD. SSD itu apa sih? SSD itu ibaratnya flashdisk yang ukurannya gede, yang akan menggantikan fungsi dari HDD alias Hardisk Drive milik sobat. Bedanya, adalah SSD sudah menggunakan chip untuk penyimpanan data, sedangkan HDD masih menggunakan piringan. Otomatis, akses data SSD jauh lebih ngebut karena tidak harus memutar piringan dahulu, simpelnya sih gitu.
Untuk soal harga, SSD 120GB bisa ditebus dengan harga 800-900 ribuan, dan yang berukuran 256GB seharga 1.5 juta. Memang mahal sih, tapi kalau untuk performa, bisa dipertimbangkan ulang kan? HDD lawas mu tentu bisa kamu jual ketengan untuk membantu nambah-nambah budget beli SSD.

Urusan teknologi memang kian hari kian canggih, tapi bukan menjadi alasan untuk meninggalkan sobat perangmu yang senantiasa menemanimu berjuang meraih mimpi, walau kini ia usang dan kurang bertenaga. Modifikasi sederhana, bisa membuatnya kembali seperti sediakala. Yang sobat perlukan hanya uang dan sedikit waktu luang saja. Yuk! sobat coba lakukan!