Begini Cara Membedakan Beras Plastik Dengan Beras Asli

Akhir-akhir masyarakat kita dihebohkan dengan penemuan beras palsu yang terbuat dari campuran bahan plastik. Hal ini jelas membuat masyarakat khawatir sebab bila dikonsumsi bisa membuat sakit dan mungkin lebih dari itu. Apalagi banyak pakar mengatakan, memakan beras dari plastik itu sama dengan memakan satu kantong plastik! Ini sungguh mengerikan.

Dilihat dari kasat mata, memang tidak ada bedanya antara beras plastik dengan yang asli secara bentuk maupun berat. Tapi, masih ada cara untuk mengetahui perbedaan antara beras plastik dengan beras asli. Caranya memang cukup sulit, karena untuk mengetahui mau tidak mau kita harus memasaknya terlebih dulu. Berikut merupakan bebeapa cuplikan video yang bisa menjadi acuan untuk melihat perbedaan beras plastik atau tidak.

Ciri-ciri beras plastik



Beginilah proses pembuatan beras plastik


Selain itu, hal ini juga terjadi di India:

Dalam video ini terlihat seorang pria India sedang menanak nasi plastik yang kemudian gelumbung atau buih-buihnya ternyata berubah menjadi lembaran plastik kresek utuh. Lalu lembaran plastik panas dari buih plastik itu ia jemur dan setelah kering ia coba bakar dengan api untuk melihat bahwa ternyata beras itu memang benar terbuat dari plastik.

Semoga kita terhindar untuk mengkonsumsi beras palsu tersebut. Selalu cek dan amati produk makanan sebelum akan kita konsumsi.